Menjelaskan Keterampilan Permainan Bola Voli

Siswa belajar secara efektif ketika mereka diberikan suatu penjelasan singkat untuk keterampilan yang di ajarkan bersama dengan demontrasi. Anda harus menggunakan istilah-istilah yang mudah dan jika memungkinkan, hubungkan keterampilan itiu dengan keterampilan-keterampilan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Tanyalah siswa anda apakah mereka memahami penjelasan anda. Suatu teknik yang bagus adalah meminta tim untuk mengulangi penjelasan anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti, “apa yang akan kamu lakukan terlebih dahulu?” dan “Selanjutnya apa?” Jika siswa terlihat bingung atau tidak yakin, Anda harus mengulangi penjelasan dan demontrasi anda.

Jika memungkinkan, Daftar Poker 988BET menyarankan anda menggunakan kata-kata yang berbeda sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk mencoba memahami keterampilan yang diajarkan dari sebuah pespektif yang berbeda.

Keterampilan-keterampilan yang rumit sering kali dipahami secara lebih baik ketika dijelaskan dengan bagian-bagian yang lebih teratur. Sebagai Contoh, jika anda ingin mengajari siswa anda cara menyambut dan memukul sebuah spike, Anda bisa mengambil langkah-langkah berikut.

  1. Tunjukan kepada mereka cara melakukan keseluruhan keterampilan dengan benar, tanpa dan dengan bola, dan jelaskan fungsi keterampilan itu dalam pertandingan.
  2. Analisis keterampilan dan tunjukan bagian-bagian komponennya kepada siswa anda(misalkan mendekati bola, melompat, mengayun).
  3. Mintalah para siswa memainkan setiap keterampilan tambahan yang anda ajarkan, seperti memperkirakan sebuah posisi siap dan bergerak ke arah umpan.
  4. Setelah siswa mendemotrasikan kemampuan mereka untuk memainkan bagian-bagian keterampilan yang terpisah dalam rangkaian, jelaskan ulang dan demontrasikan keseluruhan keterampilan.
  5. Mintalah siswa mempraktikan keterampilan dalam kondisi-kondisi yang menyerupai permainan.

Para siswa muda memiliki perhatian sesaat, dan suatu demontrasi atau penjelasan panjang bisa menyebabkan mereka kehilangan pusat perhatian. Oleh karna itu, Anda sebiaknya menghabiskan tidak lebih dari dua atau tiga menit dari keseluruhan dengan pendahuluan, demotrasi, dan tahap-tahap penjelasan. Kemudian libatkan siswa dalam latihan teknik atau permainan yang membangkitkan minat mereka untuk memainkan keterampilan sesegera mungkin.

 

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published