Dalam Waktu Yang Cukup Lama Perkembangan Tentang Kerajaan Jayawarsa

Login Sbobet Dan kerajaan bameswara tidak banyak di ketahui. Raja bamswara tidak banyak di ketahui raja bameswara memakai lencanang twngkorak bertaribg di atas bulan sabit. Iya juga banyak meninggalkan prassasti, seperti padlegan penumbang geneng candi tuban dan tangkilan bameswara di ganti oleh raja jayabhaya.

Kerajaan kediri mencari puncak ke besarannya dan kemasyhuran nya pada masa raja jayabhaya memerintah. Prasasti ngantang atau bantang beetarikh 1057 saka 1135 m yang tertulis panjalu jayah artinya panjalu, kediri menang, menunjuka bahwa jayabhaya telah memenangkan peperangan dengan janggala, sehingga dengan kemenangan ini, raja jayabhaya berhasil menyatukan kembali kerajaan arilangga.

Yang mengundang makna dan arti tersendiri dalam sejarah nusantara. Raja jayabhaya bergelar sri maharaja ia memakai lencangan garuda seperti lencangan airlangga. Pada masa pemerintahan jayabhaya, seni budaya dan kesusteran mendapat kesempat untuk berkembang keberanian untuk dengan lahir cukup banyak karya sastra. Karya sastra termasyur adalah kitab bahratayudha. Kitab ini yang mulai di gunakan.

Mpu sedah dan dibselesaikan oleh mpu panuluh pada mpu sedah dan di sedakah kanangan antara panjalu dan janggala, yang saling berebut wilaha kekuasaan. Karya-karya sastra lainnya, seperti kitab ludaka mpu tanakum, kitab kresnayana mpu triguna bermunculan pada masa kerajan selanjutnya. Kemasyuran era jayabhaya yang lain yang tetap di kenang di kalangan masyrakat jawa tangah hingga saat ini.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published