Tahapan Dalam Pengajaran Permainan Sepakbola

Tahapan Dalam Pengajaran Permainan Sepakbola

Judi Bola – Tujuan mencetak goal ke gawang lawan hanya bersifat sementara dalam konteks pendidikan jasmani, sedangkan tujuan yang sebenarnya adalah untuk mendidik anak agar kelak menjadi anak yang cerdas, jujur, terampil, dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya.

Dengan demikian sepak bola dalam pendidikan jasmani adalah sebagai mediator untuk mendidik anak agar berkembang kemampuan kognitif, afektif, psikomotor, dan sosialnya. Pertama-tama, siswa harus bisa mengerti bentuk permainan sepakbola itu sendiri, dengan petunjuk guru mencoba mengidentifikasi berbagai permasalahan taktis yang harus dipecahkan.

Misalnya, guru menjelaskan bahwa permainan sepakbola membutuhkan kerja sama dari para pemain, diperlukan keterampilan berbagai teknik dasar seperti mengoper bola, menggiring bola, menyundul bola, menembakkan bola ke gawang, dan bahwa kesemuanya itu terpadu ke dalam usaha-usaha tim pada saat melakukan pertahanan dan penyerangan di dalam permainan.

Keterampilan Teknik Dasar Permainan

Tahapan pengajaran permainan sepakbola juga menekankan diterapkannya keterampilan teknik dasar siswa di dalam permainan, yang akan menggambarkan penampilan bermainnya Akan tetapi, hal ini tidak boleh dilakukan sebelum siswa benar-benar menyadari kepentingan atau kegunaan dari suatu keterampilan teknik di dalam permainan sepakbola yang sebenarnya.

Siswa yang sudah menyadari kegunaan daripada operan panjang dan operan pendek, sudah tentu akan lebih mudah dalam memecahkan masalah saat dijaga ketat di dalam permainan. Ini dilakukannya dengan cara mencari waktu yang tepat untuk menggunakan berbagai variasi operan panjang dan operan pendek yang disertai gerak tipu badan dan kakinya.

Ruang Tembak Dalam Penyerangan

Pada tahap ini dibutuhkan kecermatan guru untuk memodifikasi mengenai ukuran dan bentuk lapangan permainan yang digunakan, jumlah pemain setiap regu (misalnya 2 melawan 2, atau 3 melawan 1), serta perlengkapan permainan yang dimodifikasi agar siswa diberi kesempatan untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam permainan, seperti bagaimana menciptakan ruang tembak dalam penyerangan atau menjaga ruang kosong yang membahayakan dalam pertahanan.

Siswa diperkenalkan pada taktik permainan yang sederhana (modifikasi), siswa secara bertahap akan diajak untuk memahami situasi-situasi permainan yang lebih kompleks. Perlu diketahui, bahwa keterampilan-keterampilan gerak dalam berbagai cabang olahraga bisa mendukung atau dialihkan dari satu ke yang lainnya.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published