Obyek Wisata Candi Kedaton Di Daerah Mojokerto

Candi Kedaton (Sumur Upas)

Berlokasi di Dukuh Kedaton, Desa Sentonorejo, Kec. Trowulan. Sekitar 500 meter di sebelah selatan komplek Kubur Panjang. Info menarik ini dipersembahkan oleh Agen Judi Bola Terpercaya.

Candi Kedaton Terdiri Dari Beberapa Bangunan

Bangunan kekunaan terdiri dari beberapa bangunan. Sebuah bangunan berupa kaki candi yang letaknya di bagian timur-laut dekat pintu masuk. Kemudian sebuah bangunan parit yang berkelok-kelok yang terletak berdekatan di sebelah selatannya dan sebuah mulut gua yang bagian atasnya ditutup yang letaknya di sebelah barat dari bangunan yang bentuknya seperti parit atau kanal tersebut.

Bentuk Bangunan Berupa Kaki Candi

Bangunan Pertama yang berupa sebuah kaki candi yang terbuat dari bahan bata merah berukuran panjang sekitar 12,5 meter, lebar 8,50 meter dan tinggi lebih kurang 1,60 meter. Di bagian barat terdapat bekas tangga masuk selebar 2 meter. Pada dinding sisi luar terdapat pilar-pilar yang menjorok ke luar sekaligus menjadi penguat dinding bangunan. Di atas bangunan ini terdapat 4 deret makam petilasan, masing-masing dikenal dengan sebutan : Dewi Murni, Dewi Pandansari, Wahito dan Puyengan.

Sedangkan bangunan yang seperti parit bentuk dan susunan bata merahnya tidak teratur, membujur arah utara – selatan dengan tangga turun di bagian selatan. Ukuran bangunan : panjang sekitar 10 meter dan kedalaman 2 meter. Pada bagian ujung utara parit membelok sedikit ke arah timur. Melihat sisa-sisa bata merah yang terdapat di bagian atasnya kemungkinan dahulu bangunan parit ini tertutup. Konon tempat ini adalah tempat raja melakukan samadi.

Bangunan berikutnya berupa mulut gua yang bagian atasnya telah ditutup sebuah batu gilang adalah salah satu bangunan yang paling popular. Diameter mulut gua sekitar 80 cm, berapa kedalaman gua belum diketahui. Diceritakan pada masa lampau ada seseorang yang mencoba memasuki gua ini tapi kemudian menjadi lemas, karenanya kemudian dikenal sebagai Sumur Upas atau sumur beracun. Selain dari bangunan-bangunan tersebut sekitar 94 meter dari lokasi Candi Kedaton tepatnya di sebelah baratnya terdapat deretan umpak-umoak segi delapan dalam susunan dua deretan sebanyak 16 buah.

Umpak-umpak segi delapan ini bagian atasnya diberi lubang untuk tempat memasukkan tiang. Untuk bangunan apa umpak-umpak tersebut sampai kini belum diketahui secara pasti.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda bagi yang ingin berwisata ke daerah Mojokerto. [kongs]

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published