Mencari Tau Perkembangan Dari Para Pemain

Perkembangan pemain berkaitan dengan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain, tumbuh, dan matang dalam lingkungan yang aman, pantas, dan mendukung. Lingkungan yang aman berarti area tempat anak bermain dalam kondisi aman: gawang benar-benar terpasang kuat, permukaan lapangan berisih dari pecahan kaca dan batu, para pemain mengenali kondisi lalu lintas dan tempat parkir, dan sebagainya. Lingkungan yang aman juga berarti para pemain merasa aman secara psikologis. Dalam hal ini seoramg pemain harus dilindungi dari cemooh yang mungkin muncul dari pelatih, rekan, lawan, maupun orang tua. Salah satu ketakutan utama yang dirasakan para pemain adalah kegagalan. Jika seorang pemain mendapat cercaan dari pelatih atau orang tua saat gagal mencetak gol mudah, dia mungkin tidak akan mau menendang lagi lain kali. Jika pelatih tidak memberi ruang bagi pemain untuk berbuat salah, dan bahkan mencaci mereka setiap kali mereka melakukan kesalahan, mereka tidak akan mau lagi mengambil kesempatan. Saat ini terjadi, perkembangan mereka terhenti, dan mereka tidak akan menjadi pemain yang bagus, percaya diri, dan kreatif.

Lingkungan yang pantas berarti menempatkan anak0anak dalam situasi yang berada dalam jangkauan mereka, baik fisik, kecerdasan, emosional, maupun sosial. Hal ini bukan berarti menempatkan mereka pada sebuah tempat berlatih yang mampu memenuhi kebutuhan utama mereka untuk bergerak kerucut yang telahg disusun, Menciptakan lingkungan yang pantas juga berarti memberikan instruksi yang dapat dipahami oleh pemain, bukan menempatkan seorang berusia 7 tahun sebagai bek kanan dan memintanya selalu berada di posisinya . Latihan yang pantas berarti tidak membentak pemain yang melakukan kesalahan atau membuat mereka merasa rendah.

Hal ini berarti pelatih perlu memberi pujian atas setiap usaha yang mereka lakukan. Jika pemain merasa senang atas apa yang telah mereka lakukan, mereka akan tetap berlatih. Dengan demikian, kesempatan mereka untuk berkembang pun lebih besar dari pada  jika mereka berhenti berlatih. Seorang pemain yang menonjol tidak seharusnya dipindahkan dari kelompoknya ke tingkatan yang lebih tinggi. Ia seharusnya diberi kesempatan untuk berhasik di kelompok dan komunitasnya terlebih dahulu.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published